Selasa, 21 Juni 2011

Memahami Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Demokrasi


Latar Belakang
Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme  pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
Musyawarah merupakan perintah agama. Dalam pelaksanaannya, diperlukan jiwa besar, tidak egois, dan sikap saling menghormati. Hasil kesepakatan dalam musyawarah harus dilaksanakan. Inilah di antara sikap musyawarah yang benar dalam Islam.
Allah SWT. menjelaskan bahwa  setiap manusia hidup di dunia tidak terlepas dari problem dan persoalan yang dihadapi. Untuk itu, mereka harus dapat memecahkan masalah tersebut. Pada makalah ini, penulis akan menjelaskan lebih jauh tentang memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi dan cara penerapan perilaku demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
Pengertian Demokrasi
Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “demos” artinya rakyat dan kratos/kratein artinya pemerintahan. Jadi, demokrasi bisa kita artikan sebagai pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Yang artinya, pemerintahan dimana rakyat memegang peranan penting. Itulah pengertian demokrasi dilihat dari makna aslinya.
Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut 

Ayat-Ayat Al-Qur’an yang Membahas Tentang Demokrasi
Salah satu ajaran Islam yang kompatibel dengan nilai-nilai demokrasi adalah dijunjung-tingginya syura. Namun, tampaknya ada prasyarat yang terlupakan dari tuntutan demokratisasi yang saat ini mengglobal sehingga yang muncul adalah anarkisme. Hal yang terlupakan itu oleh Al-Qur’an disebut rahmat (kasih sayang). Kasih sayang ini hanya akan terbentuk jika ada sikap saling memaafkan atas kesalahan masa lalu mereka dan mau membangun dialog antar mereka (musyawarah).
Berikut ini akan dibahas tuntunan musyawarah dalam Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38.
A.  Surah Ali ‘Imran Ayat 159
Surah Ali Imran Ayat 159 adalah salah satu dasar tentang cara memimpin umat. Dalam ayat tersebut Allah SWT. memberikan tuntunan kepada Nabi Muhammad Saw. tentang cara memimpin umat dan musyawarah.
$yJÎ6sù 7pyJômu z`ÏiB «!$# |MZÏ9 öNßgs9 ( öqs9ur |MYä. $ˆàsù xáÎ=xî É=ù=s)ø9$# (#qÒxÿR]w ô`ÏB y7Ï9öqym ( ß#ôã$$sù öNåk÷]tã öÏÿøótGó$#ur öNçlm; öNèdöÍr$x©ur Îû ͐öDF{$# ( #sŒÎ*sù |MøBztã ö@©.uqtGsù n?tã «!$# 4 ¨bÎ) ©!$# =Ïtä tû,Î#Ïj.uqtGßJø9$# ÇÊÎÒÈ  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar